Wednesday, May 11, 2016

Mengemis sebagai Profesi di Banda Aceh


1.       Latar belakang masalah
                Seiring berkembangnnya zaman yang diiringi dengan kenaikan penduduk, kebutuhan dan  tuntutan hidup juga meningkat. Hal tersebut tidak sejalan dengan berkembangnya pemikiran suatu masyarakat yang kurang dalam pendidikan dan terbatas nya keahlian, ini sangat disayangkan apalagi bagi mereka yang memiliki kondisi fisik yang normal malah menjadikan mengemis sebagai suatu pekerjaan. Menurut saya, pengemis adalah orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya, untuk makan sehari aja sangat sulit apalagi memiliki tempat tinggal yang layak.
                 Namun pada kenyataannya, pengemis dengan kondisi fisik yang tergolong normal yang sering terlihat dan kedistabilitasan pun juga ada. Kondisi fisik yang normal seharusnya dapat melakukan pekerjaan yang lebih layak, ini bukan dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan atau keterbatasan kemampuan, mereka bisa bekerja yang lainnya seperti:membuka jasa cuci baju, doorsmeer motor dll. Pada zaman sekarang ini semua sangatlah mudah, jika memiliki keinginan dan tekat untuk bangkit dari keterpurukan. Hanya orang yang malas, yang selalu larut dalam kesusahan.
                Hidup menjadi pengemis bukanlah pilihan hidup yang diinginkan oleh siapapun melainkan keterpaksaan yang harus mereka terima karena adanya sebab tertentu. Pengemis bagaimanapun telah menjadi fenomena yang menuntut perhatian kita semua. Secara psikologis mereka adalah orang-orang  yang pada taraf tertentu belum mempunyai bentuk mental emosional yang kokoh, sementara pada saat yang sama mereka harus bergelut dengan dunia jalanan yang keras dan cenderung berpengaruh negatif bagi perkembangan dan pembentukan kepribadiannya.

2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang makalah diatas dan dapat diangkat beberapa rumusan masalah dalam makalah ini, diantaranya:
1.   Sosok seperti apa yang dapat dikatakan sebagai pengemis?
2. Apa penyebab seseorang mengemis?
3. Bagaimana upaya untuk mengurangi/mengatasi permasalahan ini?

Share:

0 comments:

Post a Comment